TRANSJOGJA, busway ala Jogja

Apa sih yang menarik di Jogja..? pariwisatanya.. budayanya… atau pelajar/mahasiswanya…??

rute_trayek_trans_jogja_mini.jpg

Nggak nyambung.. maaf2x, sekitar awal bulan Februari 2008 lalu dijalanan terlihat bis angkutan berwarna kuning dibagian depan dan hijau di bagian badan hingga belakang. Bentuk dan ukuran hampir sama dengan bis kota yang biasanya “KOPATA” (maklum bentuknya kotak kaya bis2x jaman baheula..) namun yang ini agak beda, perbedaannya di pintu penumpang hanya ada satu, posisi tempat duduk menyamping dan terdapat banyak gantungan tangan di atapnya. Oh iya, ber-AC pula.. “TransJogja” begitulah nama populernya. Idenya sih memang mengadopsi alat transportasi di jakarta (baca = Busway). namun yang berbeda di jogja bis TransJogja tidak diberi track khusus kaya bus JakartaTrans, mungkin alasannya di Jogja jalannya sempit2x.

Koridor, setahu saya enggak pake istilah koridor tapi menggunakan istilah “halte” mungkin berukuran 2 x 4 m2 (cukup sempit ya..). Harga tiket sekitar 3000 rupiah sekali jalan. Dibanding dengan bis kota yang hanya 2000 rupiah, cukup terjangkau dan nyaman (kalo gak rame lho..!). Selamat mencoba…

Download peta trayek JogjaTrans di http://www.esnips.com/web/alifaiq

Lebih lanjut mengenai TransJogja lihat di http://transjogja.net/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s