Diantara kebutuhan dan keinginan

Sangat tipis perbedaan diantara keduanya, apalagi kalau sudah bergejolak di dalam hati. Mana sih yang lebih utama?. Menurut saya, saya lebih sepakat kalau keinginan adalah sesuatu yang masih bisa ditunda untuk jangka waktu yang lama sedangakan kebutuhan adalah sesuatu yang.. bersifat segera dipenuhi dalam jangka waktu pendek.

Lebih konkrit, pake contoh: kebiasaan yang dilakukan sehari-hari adalah pemenuhan kebutuhan. Nah apabila kebutuhan sudah terpenuhi (standar minimal) maka akan muncul pemenuhan untuk “memuaskan” nah itulah awal munculnya suatu keinginan. Hmm.. ribet juga.

Wajar, manusiawi, dan sudah biasa. Saya juga maklum, hampir setiap saat terlintas dipikiran selalu muncul kebutuhan yang lebih (lalu kemudian saya artikan sebagai keinginan). Ya.. contoh paling gampang saya ambil makanan saja. Makan dengan wajar (apa adanya, tidak berlebihan, gizi tercukupi) manusia dapat hidup dengan sehat. hmm..? apalagi yang lainnya yaa tau sendirilah.

Keinginan adalah anugrah, dengan adanya anugrah keinginan ini manusia bisa berkreasi, berimajinasi, bersungguh-sungguh, lalu memiliki semangat yang tinggi untuk mewujudkannya atau mencapainya. Nah, pandai-pandailah dalam mengelola keinginan. Suatu keinginan bisa menjadi kebutuhan (karena ada hasrat yang kuat untuk mencapainya) dan sebaliknya suatu kebutuhan bisa menjadi keinginan (karena belum tercapai sama sekali). Waduh puyeng deh.. ingin atau butuh.. lalu,  butuh atau ingin…

Baca juga opini dari rekan lainnya:
http://hendro96.com/keinginan-vs-kebutuhan/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s