Anak-anak: usia produktif?

Mungkin ini adalah salah satu potret anak bangsa negeri ini, seorang anak kecil berjualan koran di lampu merah. Pada umumnya anak-anak pada usianya adalah masa-masa bermain, namun untuk yang satu ini tidak. Mereka “mencari uang” pada usia yang tidak semestinya, mengapa bisa demikian?. Alasan ekonomi keluarga adalah yang paling banyak, hmm.. sangat bisa dipahami namun dengan alasan seperti inikah ana-anak menjadi korban.

Pilu, ketika menghentikan kendaraan di lampu merah, anak itu langsung turun dari trotoar menuju ke pengendara motor satu ke yang lainnya menawarkan koran. Tidak seberapa banyak koran yang di bawa di lenggannya, mungkin sekitar 5 sampai 8 eksemplar (nampak tidak teralalu tebal, dan koran yang di tawarkan adalah koran lokal yang notabene tidak terlalu banyak halamannya). Tanpa ekspresi apapun si anak ini pindah ke pengendara lainnya ketika pengendara motor mengelengkan kepalanya. Sampailah ia di belakang motor butut ku, tak sengaja menoleh kebelakang (terasa ada yang menepuk-nepuk monitor 17″ yang saya ikat di belakang) si anak itu yang memainkan ikatan tali pada monitor tersebut (barang kali ia memastikan seberapa kuat ikatan itu). Tertawa ringan sambil memegang kepala bocah itu dan kuusap rambutnya beberapa kali (terasa rambutnya kasap, mungkini sudah terlalu lama dia terkena terik matahari) dan si anak itu pun tersenyum.

Seketika setelah beranjak dari lampu merah, aku bertanya dalam hati kemana orang tuanya. Mungkin keduanya juga sedang bekerja bekerja. Entah siapa nama bocah itu, setiap sore dia menjajakan koran di lampu merah galeria mall. Semoga dia selalu dalam keadaan selamat dan jangan lupa kenakan selalu alas kakimu nak agar kakimu tidak kepanasan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s