Beras..

Tanaman padi jenis Supertoy dan MSP gagal panen di beberapa daerah, bertepatan dengan bursa Caleg dan persiapan jelang hajatan akbar negeri ini yaitu Pemilu 2009. Siapa sangka keadaan ini menjadi isu politik? dimana 2 tokoh nasional terbawa dalam masalah ini. “Saya mohon masalah ini tidak di politisasi” begitu kutipan dalam wawancara dengan staf ahli kepresidenan.

Beras, yang umum kita tahu bahan makanan pokok dengan unsur karbohidrat yang tinggi. Orang jawa bilang “belum kenyang kalo belum makan nasi”. Sebuah komoditi yang sangat vital.

Pasuruhan, Jatim. 21 meninggal 10 lebih luka-luka akibat berdesak-desakan dalam pembagian Zakat di rumah salah seorang pengusaha walet tersukses di kota itu. Kebanyakan korban adalah wanita dan lanjut usia. Sunggguh ironis, tragedi yang seharusnya bisa dihindari. Tidak hanya di Pasuruhan di Semarang, pembagian Zakat pun meminta korban jiwa dan korban luka-luka.

Lalu apa hubungannya beras dengan zakat?. Bulan ramadhan, bulan yang diagungkan, bulan dimana setiap amalan dilipat gandakan pahalanya. Hanya di bulan ini saja zakat dikeluarkan bagi yang memiliki kelebihan (khususnya bahan makanan pokok). Beras 2,5 Kg menjadi kewajiban bagi mereka yang mampu atau berlebih untuk mengeluarkannya. Dalam Islam, pengumpul zakat (amil) berhak mengambi para wajib zakat lalu mengaturnya dan kemudian membaginya (menyalurkannya) kepada 8 kelompok penerima zakat. Ini berarti Islam telah mengatur pengelolaan zakat dengan baik, sehingga tidak perlu lagi tiap individu membagikan zakatnya secara sendiri-sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s