Tradisi berlebaran (jilid 2)

Boleh dibilang ini adalah ritual nasional (Ucup Kelik menyebutnya dengan hari mudik nasional), dermaga, stasiun kereta, terminal bus, jalan raya antar kota, semua padat orang2 yang mau bepergian. Tak melewatkan momen ini pada H-4 menjelang hari lebaran, saya berangkat ke terminal jombor. Sesampainya disana tidak terlalu nampak padat, boleh dikata seperti hari-hari biasa (karena hari itu hari sabtu sekitar pukul 10.00 WIB).

Musim orang mudik sudah datang dan ini akan berlangsung sampai hari lebaran tiba, lalu kemudian dilanjutkan dengan musim silaturahmi (halal bi halal) yang hanya diadakan khusus pada bulan syawal. Lebaran ketupat (Idul Fitri) banyak digunakan sebagai momen untuk berkumpul dengan keluarga. Lokasi yang jauh dari kampung halaman membuat sebagian orang ingin mengenang masa kecilnya, bertemu denan sodara-sodara yang mungkin sudah bertahun-tahun tidak pernah bertemu.

Sajian khas makanan daerah tidak akan terlewatkan, membuat rasa kangen lebih kental. Apalagi makanan bikinan nenek, atau ibu, bu lek (bibi). Kue-kue yang terata rapi di toples kaca (transparan) berjajar di meja tamu. Lembaran uang kertas baru dengan pecahan nominal kecil-kecil masih berbau khas dan tertumpuk rapi dan bersih. Seperangkat alat sholat yang harum (berbau parfum faforit) kumplit dengan sendal dan tasbih kecil.

Maghrib menjelang, anak-anak kecil sudah mengantri di teras masjid (untuk berbuka kemudian bertakbir). sepanjang malam bahkan hingga fajar tak henti-hentinya suara takbir di kumandangaan dari masjid, surau, mushola. Hingga pagi hari sekitar pukul 6 pagi, lapangan dan masjid sudah ramai dengan orang-orang yang akan menunaikan ibadah shalat Idul Fitri.

Selamat Idul Fitri 1429 H, Mohon maaf lahor dan batin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s