Lebaran haji

21/11/2008

Doa dipanjatkan dalam pengajian oleh karena salah satu sanak famili akan berangkat ke tanah suci untuk menyempurnakan rukun islam. Sungguh rukun islam yang terakhir ini hanya untuk orang-orang yang “terpanggil” (mampu).

Lebaran besar, dalam bahasa jawa sering di sebutkan dengan “bodo besar”, yang artinya adalah hari raya Idul Adha. Apasih yang menyebabkan hari raya umat islam ini disebut-sebut sebagai lebaran yang meriah.. (setidaknya di negri ini). Mungkin, bertepatan dengan momen hari raya ini sebagian sodara-sodara kita melaksanakan rukun Islam yang ke lima, menunaikan ibadah haji. Nah barang kali momen ini yang akhirnya di sandangkan dengan kata lebaran.. “lebaran haji”.

“Mengapa biaya menunaikan ibadah haji sekarang mahal..? “ kutipan daripada iklan yang di tayangkan di laar kaca. Ya.. sudah jelas disebutkan bahwa menjalankan ibadah haji bagi yang mampu (Rukun Islam yang kelima). Mampu, bisa berarti banyak😀, salah satunya mampu secara finansial (tidak hanya mampu membiayai keberangakatan dirinya sendiri saja, namun juga untuk keluarga yang ia tinggalkan), kesehatan (secara jasmani dan rohani mampu atau kuat untuk mengerjaan rukun-rukun haji mengingat ibadah yang satu ini cukup banyak berkutat debngan fisik), dsb.

Pada momen yang sama, terdapat pula ibadah qurban yang bisa dilakukan pada tanggal (10, 11, dan 13 Dzulhijah). Menyembelih binatang ternak (kambing, kerbau, sapi, dan unta) lalu membagikan dagingnya kepada sodara-sodara sekeliling. Makna qurban berarti sesuatu yang kita miliki diberikan dengan sepenuh hati untuk orang lain.

Menunaikan haji, berarti telah menyempurnakan ibadah. sedangakan menikah, adalah separuh dari pada ibadah. Ibadah-ibadah yang bernilai pahala besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s