Panjang-pendek bacaan imam

04/12/2008

Dalam sebuah acara tanya-jawab di salah satu stasiun tv nasional yang di siarkan setiap pagi hari, seorang penelepon bertanya dengan pertanyaan kira2 seperti berikut, “bagaimana ketika shalat berjamaah imam membaca bacaannya lama sedangkan makmum telah selesai membaca bacaannya?” lalu ustadzah menjawabnya demikian “apabila makmum telah selesai membaca bacaannya dan imam masih belum selesai, makmum mengulangi bacaannya lagi hingga imam selesai”. Sebenarnya muncul lagi pertanyaan bagaimana kalau imam membaca bacaan dengan singkat atau makmum belum selesai membaca bacaan tetapi imam sudah selesai.

Sebagian orang memang lebih senang ketika shalat membaca bacaan yang lama, sehinga terasa makna shalatnya tidak tergesa-gesa dan khidmat, namun ada pula sebagian yang lain tidak demikian, bukan berarti yang tidak lama tidak khidmat. Rukun shalat telah tertulis jelas dalam kitab-kitab fiqih. Sebenarnya bacaan yang mana yang lama?, apakah bacaan ayat-ayat suci atau bacaan shalat itu sendiri.

Dalam keseharian shalat berjamaah memang lebih utama karena sudah dijanjikan akan mendapat pahala berlipat dibanding dengan mengerjakannya sendiri. Terkadang ketika menjadi makmum mendapati imam yang cepat, sedang, dan lama. Tergantung masing-masing pribadi yang menjalani, ada yang suka lama ada yang suka sedang dan ada pula yang cepat. Namun jangan berprasangka buruk dulu, tentunya ini disesuaikan dengan kondisi lapangan tiap pribadi yang berbeda.

Oleh karenanya, seorang imam harus lebih tahu seperti apa makmum yang akan di pimpinnya sehingga imam dapat menyesuaikan bacaannya. Membaca bacaan yang lama lebih dimungkinkan apabila berada dalam komunitas yang sama, atau jika dalam keadaan mengerjakan shalat sendiri. Dengan begitu shalat berjamaah terjaga dengan baik, dan Insya Allah khidmat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s