Pajak vs Zakat

Gencarnya iklan tentang kepemilikan NPWP “menyadarkan” bagi para individu yang masuk dalam ketegori wajib pajak. Negara dalam hal ini undang-undang nya telah mengatur dengan jelas tentang jenis wajip pajak, apa dan bagaimana silahkan kunjungi alamat website www.pajak.go.id

Apa beda pajak dan zakat?, tentunya ini dua hal yang berbeda baik definisi, tujuan dan pengelolaannya namun keduanya memiliki kemiripan. Menyisihkan sebagain harta benda pribadi dengan hitungan tertentu untuk kemudian di kelola untuk kepentingan rakyat/umat.. 😀 kira-kira seperti itu maaf.

Pajak dikelola oleh pemerintah dan penggunaannya untuk pembangunan negara dan sekaligus sebagai sumber pemasukan bagi kas negara dan bersifat mengikat bagi wajib pajak, artinya bila wajippajak tidak membayar (ketahuan mangkir pajak) akan di jerat dengan hukum pidana. Zakat dikelola oleh lembaga keagaamaan pembayarannya “tidak mengikat” dan penggunaannya atau penerimanya adalah delapan golongan yang telah ditentukan [At-Taubah : 60].

Lunasi pajaknya, awasi penggunaannya. Dituntut pelaporan yang transparan dalam pengelolaan baik pajak maupun zakat, karena ini menyangkut kepercayaan. Banyak kasus-kasus yang menyeret para pejabat karena pengelolaan yang salah. Korupsi adalah budaya, korupsi adalah bandit, kira-kira seperti itu potongan kata-kata yang terdengar dalam sebuah iklan debat partai di stasiun TV.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s