Hari Ibu

Seorang ibu berusia sekitar 57 tahun, berprofesi sebagai guru SD di salah satu sekolah swasta. Tiap pagi dengan berjalan kaki menelusuri jalan kampung menuju ke jalan raya. Berebut tempat duduk dengan penumpang lainnya di angkot menuju ke sekolahan, terkadang beliau ikut diantar ketika berpapasan dengan orang tua muridnya yang hendak menuju ke sekolahan yang sama. Dibandingkan dengan rekan-rekan seprofesinya, beliau termasuk yang paling tua dan masih eksis. Cukup merepotkan, diusia yang tidak muda lagi beliau ditugaskan untuk mengajar di kelas satu yang mana ini adalah tahun pertama mereka masuk bangku sekolah dan masih di tunggui oleh ibu mereka atau bahkan bibinya (pembantu rumah tangga).

Memaknai hari Ibu, hari ini tepatnya 22 Desember bangsa Indonesia telah sepakat bahwa hari ini adalah penghormatan bagi sosok seorang Ibu. Ibu, sebuah profesi yang mulia, tidak mengenal libur bahkan cuti. Bahkan di acara talkshow Mario Teguh, mengangkat tema “a mother’s prayer”. Isak tangis audien ketika bertanya kepada motivator bagaimana cara membalas kasih sayang ibu.

Masih teringat dengan jelas ketika masih kecil, begitu ramainya ketika sore hari menjelang maghrib ibu datang dari acara perkumpulan ibu-ibu di kampung (PKK) kami berebut makanan yang sengaja ibu sisihkan untuk kami dan terkadang ibu sengaja membawa lebih untuk kami. Dan saat ini bahkan mungkin tingkah laku itu tidak ada lagi karena anak-anaknya saat ini sudah besar-besar dan tidak berdomisili disana lagi.Teringat juga ketika membantu ibu di rumah, membeli minyak tanah di warung dengan membawa dirijen 5 ltr, membeli bumbu masak, membeli tahu tempe untuk lauk.

Ketika sang ibu marah, hal yang tak pernah dilupakan ketika ibu marah karena ketidak patuhan dan tidak mau mendengar nasehat sang ibu. Cubitan di lengan, kaki, telinga hingga berbekas di kulit karena kuku ibu. Dan saat ini tidak ada lagi perilaku semacam itu karena .. ya kami sudah besar-besar semua dan yang ada sekarang rasa kangen yang mendalam.

Iklan

One thought on “Hari Ibu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s