Soto Kerbau Karso-Karsi, Kudus

Hampir di setiap pinggir jalan dapat dijumpai masakan soto, agar lebih spesifik biasanya di ikuti nama daerah atau isian dari pada masakan soto itu sendiri, sehingga lebih memunculkan ciri khasnya.

Tak terkecuali yang satu ini, Soto Kerbau namanya. Tidak seperti biasanya untuk masakan soto menggunakan daging kerbau dan yang ini malah menjadi legenda resep masakan khas dari Kota Kudus disamping Soto Ayam nya juga terkenal (umumnya masakan Soto Ayam dari Kota Kudus di ikuti dengan penemu resepnya).

Hanya ada satu, terletak di pinggir jalan (timur jalan raya, apabila masuk kota Kudus dari arah Demak). Lebih mirip warung makan biasa, karena memang tempat untuk menjajakan makanan ini tidak begitu luas. Bahan-bahan masakan di letakkan dalam bakulan (dulu penjual soto di Kudus menggunakan 2 buah wadah yang di pikul, dan dijajakn dengan jalan kaki). Disajikan dalam mangkuk keramik berwarna putih, nasi, kuah soto, dan beberapa bahan yang lain di campur dan tak ketinggalan beberapa potong daging kerbau.. hmmm.. apalagi di beri tambahan kecap manis.

Ini yang beda, kecap khas Kudus tidak begitu hitam sehingga apabila di campur ke dalam masakan warna masakan menjadi agak coklat dan manisnya sudah terasa, ditambah lagi sedikit sambal dan dinikmati selagi panas. Lalu bisa juga ditambah dengan lidah kerbau yang disajikan secara terpisah di cawan.

Berminat mencicipinya.. datang saja ke kota Kudus (setahu saya tidak membuka cabang di tempat lain).

Iklan

9 thoughts on “Soto Kerbau Karso-Karsi, Kudus

  1. Ad jg lauk pelengkapnya empal daging n jeroan jg tahu bacem di potong2 disajikan t’pisah di cawan kecil n disiram bumbu empal uih yummi…selain jeruk nipis, disajikan jg acar ketimun plus cabe rawitnya…asem n pedes…lengkap dech rasanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s