Krisis global hingga krisis Timur-tengah

20/01/2009

Pada penghujung tahun 2008, hampir diseluruh negara diterpa badai ekonomi yang keras. Rontoknya harga saham-saham unggulan berimbas pada stabilitas nilai tukar rupiah. Krisis global, mereka bilang seperti itu. Siapa sangka ketika bangsa Amerika berkonsentrasi pada presiden terpilih baru mereka Barack Obama, perekonomian di negara mereka bergejolak. Apakah ini pertanda buruk? atau ini adalah ujian pertama bagi Barack Obama yang akan di lantik hari ini (Selasa/20 Januari).

Tak kunjung mereda, kucuran dana segar di gelontorkan untuk menyelamatkan perusahaan-perusahaan besar di ameriaka yang sedang sakit Israel dengan tiba-tiba mengumumkan agresi militer ke Palistina di penghujung Desember 2008. Palestina, tepatnya Gaza di serang dan diblokade dari segala penjuru baik darat, udara, dan laut. Pejuang Hamas adalah target utama mereka yang menurut Israel selalu melontarkan roket-roket mereka ke wilayah Israel. Ujian kedua bagi Barack Obama dan Gigitan keras bagi PBB.

Bagaimana dengan bangsa Indonesia..? Ternyata di negeri ini juga tak kalah sibuknya dengan negara-negara disana. Krisis global berimbas pada harga minyak mentah dunia, mengakibatkan harga BBM ikut turun. Ini kali pertama harga minyak bersubsisdi turun harganya. Momen yang cukup tepat bagi pemerintah untuk menarik simpati rakyat. Dengan Nominal Rp. 500,00 harga premium turun, lalu kemudian turun lagi diikuti solar. Dalam sebauh baner ikalan salah satu parpol mengusung tema tentang penurunan harga bbm ini sebagai prestasinya.. hehehe… menurut hemat saya kalau memang harga minyak mentah turun atau naik sudah barang tentu harga-harga produk keluarannya juga disesuaikan tak peduli siapa pun pemerinthanya.

Tidak langsung, seketika harga BBM turun harga-harga produk lainnya enggan bahkan malas untuk ikut turun😀.  Saya juga heran tapi lama-kelamaan juga bisa dimaklumi, yang paling terasa adalah harga makanan ketika BBM naik seketika harga makanan ikut naik he..he… Jangan kan saya atau anda, Presiden SBY pun heran..😀 dalam pernyataannya menanggapi penurunan harga BBM ini beliau heran mengapa harga-harga lainnya tidak mau turun sedikitpun. Namun, setelah tigaali pengumuman penurunan harga, sekitar pertengahan bulan Januari tarif transportasi mulai mau turun dan bagai mana dengan tarif lainnya.. apakah akan setia kawan..?

Apakah akan beralangsung lama, turunnya harga BBM sudah kita rasakan bersama dan bahkan ini akan mengerakkan lebih giat lagi roda perekonomian di negeri ini para nelayan bisa membeli BBM lagi untuk menangkap ikan di laut, pedagang kaki lima bisa lagi berjualan, namun berapa lama lagi hingga keadaan akan seperti semula ketika tidak ada krisis global.

Banjir, tambah lagi kesibukan rutin bangsa ini.😦

Menjelang pelantikan presiden terpilih Barack Obama, Israel mengumumkan gencatan senjata dan menarik pasukan militernya dari jalur Gaza. Apakah Israel sudah mencapai tujuannya..? Apakah Palestina (Hamas) memengakan perang ini..? Setelah menewaskan lebih dari seribu jiwa baik anak-anak, wanita dan pejuang Hamas itu sendiri Israel mulai membuka blokade untuk masuknya bantuan kemanusiaan ke Gaza. Kecaman dan kutukan dari negara-negara yang tidak digubris, bahkan dari PBB sendiri. Keprihatinan yang mendalam untuk para pejuang yang gugur dalam membela tanah negaranya.

M. Jackson: Heal the world
M. Heart: We will not go down

2 Tanggapan to “Krisis global hingga krisis Timur-tengah”

  1. omiyan Says:

    buat saya mah adili para penjahat perang terutama zionis israel yang selalu memutar balikkan fakta

  2. alifaiq Says:

    tinggal pbb.. mau mengadili atau tidak..? fakta semua ada dan fakta apa lagi yang membuat mereka tidak bisa di adili ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s