Pejabat publik dan sepatu

Masih teringat aksi pelemparan sepatu yang dilakukan salah seorang wartawan bernama Zaidi, tak tanggung-tanggung siapa yang dilempar dengan sepatunnya dia adalah presiden Amerika ke-43. Aksi yang luar biasa, bahkan disebut-sebut bahwa wartawan ini adaah seorang pemberani atau bahkan pahlawan. Peristiwa yang nggak akan hilang dalam sejarah.

Di Indonesia, seorang anggota dewan wakil rakyat tewas. Lalu siapa yang bertanggung jawab?, masa pendemo?. Sekali lagi atas nama aksi anarkis, nampaknya sudah menjadi bagian dari wajah-wajah rakyat di negeri ini. Apa yang menyebabkan aksi kekerasan ini muncul?, emosi yang tak lagi terbendung dan didukung dengan masa yang banyak. Budaya yang tidak santun semacam ini tidak boleh didiamkan.

Coba lihat tawuran anak-anak SMP, mereka berbekal senjata-senjata buatan mereka sendiri bahkan boleh dibilang bisa mematikan, mereka berdalih untuk keamanan (apakah nyawa mereka terancam?). Setelah lulus SMP tentunya mereka masuk SMA melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, dan bisa kita lihat juga tawuran anak SMA pun ngga kalah sering terjadi. Lalu selepas mereka dari SMA melanjutkan ke perguruan tinggi, tidak kalah menarik pula tawuran mahasiswa (bahkan antar fakultas padahal satu almamater..:D). Maka dari itu ngga heran kalau ada tindak kekerasan terjadi dalam masyarakat seperti tawuran antar kampung, bahkan hingga di rumah rakyatpun terjadi pula kekerasan. Betapa malunya negeri ini.

Mengapa sepatu?, sepatu nampak terlihat indah bila keberadaanya menjadi pelindung sepasang kaki namun sebaliknya akan nampak terlihat memalukan bila sepatu digunakan untuk sarana kekerasan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s