Lontong Tahu Gimbal, Sagan

Di daerah Sagan tepatnya dari perempatan stasiun pompa bensin menuju ke perempatan Galeria terdapat beberapa kedai makanan yang ramai menjelang sore. Ada dua lokasi yang saya singgahi untuk sekedar mencicipi makanan khas. Keduanya berada di nama jalan yang sama.

photo0040Tahu Gimbal (dari stasiun pompa bensin menuju ke Galeria). Nama menu makanan yang sama pernah saya temui di Kota Semarang (selain di kampung saya) tepatnya di daerah Ngesrep (Jl. Setia Budi). Gimbal, bukan jenis rambut yang saya bicarakan disini.. 😀 namun sejenis makanan yang dibuat dari adonan tepung dan udang. Nah di daerah saya namanya gimbal udang, tak beda dengan sebutannya di daerah semarang, tegal, dan sekitarnya. Komposisi makanan terdiri dari tauge, tahu goreng, lontong/nasi, dan bumbu kacang. Namun ada yang beda, di beberapa daerah di kombinasi dengan telur. Seperti di daerah Blora, tanpa telur. Namun umunya yang dikombinasi dengan telur ayam ditambahi kode spesial/pakai telur.. :D.

photo0041Tahu lontong blora (dari tempat pertama kearah selatan). Masih dengan tema yang sama namun yang kedua ini tanpa ada gimbal udang dan taugenya di angetin saja (di rendam dalam air panas lalu ditiriskan). Karena pesennya pake telur alhasil telurnya di kosok lalu goreng terpisah dengan tahunya.

Jenis makanan dengan tema yang sama, bahan yang sama namun karena disesuaikan dengan daerahnya masing-masing sehingga ada ciri khas tersendiri. Selamat mencoba..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s