Tepat guna atau tepat sasaran

07/03/2009

Boleh dibilang teknologi internet, adalah salah satu penggerak berjayanya teknologi informasi dan atau dapat dikatakan sebaliknya. Jika digambarkan kedalam sebuah grafik, teknologi akan berbanding lurus dengan waktu, kira2 seperti itu.

Hingga saat ini, kata-kata sistem informasi sangat populer di lingkungan kita. Yang dapat dibayangkan dalam hal ini adalah sebuah perangakat komputer yang terhubung dengan internet/jaringan komputer(minimal) kemudian didalamnya terdapat sistem (aplikasi) yang dapat memberikan “informasi”. Informasi itu sendiri adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi (sumber: wikipedia.org). Lalu komponen apa yang membentuk sebuah informasi?. Ya.. dia adalah data (bentuk jamak dari datum). lalu mengapa hal ini menjadi sangat penting dalam menyajikan sebuah informasi?.

Dalam keseharian, kita sering dan bahkan diahadapkan dengan data. Apa saja dapat kita sebut dengan data. Sebagai contoh perpustakaan. Apa sih yang membentuk sebuah perpustakaan (tentunya bukan bahan bangunan yang dibicarakan😀 ). Diantaranya adalah buku, majalah, tabloid, koran, jurnal, dsb. yang lainnya ? tentunya anggota atau pembaca buku. Nah, dari beberapa elemen tersebut bisa kita sebut sebagai data. Data buku, yaitu judul, penulis, penerbit, tebal, isbn, dll. Data anggota, yaitu nama, no identitas, jenis kelamin, alamat, email, no hp, dll. Dari kumpulan data-data tersebut maka terbentuklah sebuah sistem dengan nama sistem informasi perpustakaan. Lalu apa yang menarik didalam sistem informasi tersebut?.

Merubah sebuah sistem dari konvensional menjadi “modern” adalah pemahaman yang banyak terdapat dalam sistem informasi. Mereka (pembuat aplikasi) mengubah pola yang dulu dikerjakan dengan menggunakan pembukuan “kertas” menjadi pola pembukuan digital “tabel transaksi” dan ini menjadi lahan rejeki bagi mereka😀 (project). Namun apakah hanya sebatas itu sistem informasi, hanya merubah kebiasaan manual menjadi digital?.

bersambung…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s