Menggalang koalisi

Pemilu legislatif hampir sudah dapat ditebak walau hasil akhir secara resmi belum di umumkan oleh KPU karena masih meninggalkan berbagai masalah dari DPT yang tidak valid, hasil perolehan suara yang tidak sama antara KPUD dengan saksi, hingga carut-marutnya sistem TI tabulasi KPU. Tiga partai besar yang mencapai perolehan suara paling banyak meninggalkan pesaingnya yang perolehan suaranya kurang dari 10%.

The show must go on, terlalu mahal bila pemilu di lakukan ulang. Memaksimalkan sistem yang ada dan hasil perolehan suara (valid atau tidak.. ?). Caleg yang menggila (menjadi gila) karena perolehan suaranya jeblok.

Tidak ada partai yang memperoleh suara mayoritas, hal berarti kewajiban bagi partai untuk menggabung perolehan suara masing-masing dan kemudian menelorkan pasangan capres-cawapres. Tiga partai besar telah memutuskan siapa yang maju sebagai capres dan wapresnya.. masih kosong (aksi wait n see). Melirik dan bongkar pasang capres dan cawapres sangat deras diberitakan di media masa, bahkan hingga dibuat semacam talk show di media elekrtonik utak-atik pasangan capres-cawapres.

Koalisi, seperti dikutip dalam situs wikipedia.org, adalah adalah persekutuan, gabungan atau aliansi beberapa unsur, di mana dalam kerjasamanya, masing-masing memiliki kepentingan sendiri-sendiri. Aliansi semacam ini mungkin bersifat sementara atau berasas manfaat. Bagaimana tidak, pasangan capres-cawapres yang saat ini masih berkuasa secara terang-terangan menyatakan sudah tidak dapat lagi seiring sejalan dalam menapaki Indosesia baru. Tidak salah dan juga tidak bermasalah. Hal ini adalah hal yang biasa dalam kancah perpolitikan (khususnya di negeri ini 😀 ).

Saling meminang, barang kali sudah waktunya partai-partai yang sudah menetapkan capresnya berburu cawapres agar supaya tidak mendapatkan “sisa” dan dapat mendongkrak popularitas pasangan yang akan maju nanti.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s