Instrumen investasi

06/05/2009

Investasi, berarti menuai hasil di kemudian hari. Segala produk investasi sangat mudah dijumpai saat ini mulai dari investasi yang riil/nyata samapi yang tidak nyata/maya. Sebenarnya apa yang mendorong orang untuk melakukan investasi, apakah hanya dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih besar ketika sudah saatnya di tuai atau karena alasan lainnya.

Memilih produk investasi tentunya di sesuaikan dengan tujuan akhir yang akan dicapai. Apakah ingin menuai hasilnya dalam jangka waktu pendek, menengah, atau panjang. Selain itu mengenali jenis-jenis investasi mutlak diperlukan agar tidak kecewa dikemudian hari.

High risk high return, bagi orang awam (seperti saya misalnya :D), tentunya ingin mendapatkan panduan cara berinvestasi yang cepat, mudah, menghasilkan lebih banyak dan mudah dalam mengelolanya. Takut apabila investasi yang ditanam tidak menghasilkan atau bahkan malah lenyap pun menghantui setiap orang yang melakukan invetasi, namun impian untuk mendapatkan return value yang lebih besarpun juga menggiurkan. Seperti yang orang umum telah ketahui saat ini bentuk investasi yang nilainya selalu naik dan nilainya semakin tinggi dari tahun ketahun misalnya adalah tanah dan emas. Seiring dengan perkembangan jaman dan pertumbuhan ekonomi yang semakin maju, maka bentuk investasi lebih bervariatif seperti misalnya, saham, surat utang, dll dimana cara mendapatkan dan mengelolanya memerlukan pihak lain.

Jangan simpan uang di bank, maksudnya adalah mendiamkan begitu saja sejumlah uang hanya di tabungan tidaklah “produktif” dimana suku bunga tabungan tidak terlalu menghasilkan lebih. Disamping itu inflasi akan menurunkan kemampuan daya beli mata uang tersebut. Deposito bisa juga dijadikan alternatif investasi kecil-kecilan dengan tingkat resiko rendah, namun tidak maksimal.

Investasi aman, tidak ada resiko dalam investasi adalah “bohong” bahasa yang sering didengarkan kepada calon investor adalah minimum risk. Namun jangan lupa tingkat resiko yang kecil tidak akan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Banyak macam investasi, saat ini yang menjadi tren lebih mudah untuk di investasikan atau lebih tepat waralaba seperti misalnya makanan, toko (mini market), dll. Namun perlu diperhatikan ketahanan tren itu sendiri apakah sesaat atau bisa bertahan lama.

2 Tanggapan to “Instrumen investasi”

  1. Investasi Says:

    wew, posting yang menarik salam kenal ya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s