Sertifikasi Cisco atau Mikrotik

19/05/2009

Beberapa hari yang lalu seorang teman (teman jaman kuliah dulu) mengirim pesan singkat ke nomor hp saya, yang isinya meminta tolong untuk dicarikan training atau workshop tentang mikrotik di Jogja.

Networking atau lebih mudahnya “jaringan” adalah salah stau skill yang mau tidak mau kudu di miliki bagi jurusan informatika komputer. Walau dulu pernah mendapatkan di bangku kuliah namun itu tidak cukup untuk di aplikasikan dalam pekerjaan yang sesungguhnya karena lebih langsung menangani device (yang saya rasakan seperti itu). Namun itu tidak salah, setidaknya pengetahuan konsep dasar jaringan bisa kita dapat dan tinggal mengasah skill nya.😀

Menyesuaikan kasus, hampir semua orang sudah paham kehebatan si Cisco dengan device yang mahal dan ampuh itu. Pesaingnya yang tidak kalah ampuh adalah mikrotik dengan winbox nya yang user friendly. Tidak semua instansi besar menggunakan cisco untuk piranti networkingnya walaupun secara finansial mampu untuk membiayai itu, lebih kepada unsur efisiensi dan meminimalisasi biaya IT. Terkadang heran juga ada perusahaan besar dengan segudang layanan it yang rumit, mempercayakan piranti IT nya kepada opensource.

Memilah-milah sertifikasi, setidaknya saat ini yang lagi tren adalah Cisco dan Mikrotik. Cisco secara institusi memiliki lembaga sertifikasi tersendiri dan bagi lulusannya tersedia sertifikat dengan pengakuan internasional dengan nama CNA (lihat http://cisco.netacad.net) mulai dari CCNA, CCNP, Comptia, dll. Di Indonesia sudah banyak institusi pendidikan yang menjadi partner CNA UI, BINUS, UGM, dll. CNA (Cisco Netwoking Academy) lebih mirip seperti kuliah dilengkapi dengan assessment tiap chapter, final assessment, skill assessment tentunya dengan biaya yang tidak murah😀, kelebihannya bila memperoleh nilai yang memuaskan mendapatkan voucher untuk mengambil sertifikat internasional.

Sedangkan Mikrotik pun memiliki beberapa pelatihan dari Basic hingga Advance  seperti MTCNA, MTCTCE, MTCWE, dan MTCRE. Di Indonesia, Citraweb Nusa Infomedia ditunjuk sebagai Mikrotik Certified Training Partner (lihat http://mikrotik.co.id). Untung-rugi tentu pasti ada, namun kembali lagi pada diri sendiri.

Referensi yang dianjurkan untuk di baca:
http://romisatriawahono.net/category/networking/

4 Tanggapan to “Sertifikasi Cisco atau Mikrotik”

  1. My X Note Says:

    Ga tau tentang Cisco mas, habisnya untuk belajar aja biayanya mahal😦

  2. alifaiq Says:

    kalo hanya untuk belajar saja gratis kok.. kursusnya yang mahal..😀

  3. micro Says:

    Ada satu lagi sertifikasi yang ternama di dunia networking, sertifikasi JUNIPER.Soalnya produk juniper banyak dipake di perusahaan hi tech semacam telkom,telkomsel,indosat,lintas artha,xl,nokia,siemens,dll

  4. alifaiq Says:

    terima kasih ‘share’ nya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s