Manggung yang pertama

Jumat 24/08, sekitar 6 bulan yang lalu berdiri dan telah berlatih di setiap hari ahad sore, pada akhirnya malam ini penampilan perdana dalam Kemah Budaya yang diadakan oleh Balai Budaya Minomartani. Sekitar pukul 19.00 kami sudah berkumpul di kediaman Bp Zainal di daerah klebengan. Sehabis shalat isya berjamaah di mesjid depan rumah beliau, sembari menunggu rekan-rekan yang lain datang kami bersiap-siap mengenakan pakaian daerah (DIY, blangkon, sorjan, dan jarik). Kurang lebih 30 menit kemudian kami sudah siap dengan pakaian dengan jumlah personil yang berkumpul di kediaman tersebut sebanyak 9 orang (sisa rekan yang lain sudah menunggu di tempat acara, dikarenakan letak geografis yang dekat dengan tempat acara sehingga diputuskan untuk menunggu disana).

Berinisiatif untuk foto bersama di serambi mesjid, 9 orang berjajar đŸ˜€ salah seorang rekan kami menyebut-nyebut ‘Wali Songo’, hahaha.. ya tentu saja gelak tawa tak tertahan keluar. Sembilan orang berpakaian tradisonal jawa, dengan blangkon dan baju sorjan bermotif sama (sengaja pesan) namun untuk jarik (istilah bahasa jawa untuk stelan bawahan) motif beraneka ragam. Setelah itu kami bergegas masuk ke mobil dan meluncur ke tempat acara.

Sesampainya di sana sekitar pukul 20.00, acara sudah di dimulai, nampak pembawa acara sudah berada di depan panggung, ya beliau adalah termasuk pengelola Balai Budaya tersebut dan sekaligus instruktur kami dalam latihan. Dalam pembukaan acara tersebut, beliau memperkenalkan aturan main serta memperkenalkan kelompok-kelompok yang akan tampil pada malam itu (sebanyak 8 kelompok, dan sudah ditentukan urutannya, setiap kelompok diberi waktu sekitar 30 menit atau lebih untuk menunjukkan kebolehannya) dan kebetulan kelompok kami berada di urutan yang kedua (barangkali sudah di set sedemikian rupa karena dan mengingat kakmi belum begitu mahir dalam memainkannya sehingga di letakkan di awal hehehe..). Membaur dengan kelompok lainnya sangat menyenangkan, ada yang masih muda seusia kami dan ada pula ibu-ibu yang sudah sangat tua, mungkin lebih tepat disebut nenek-nenek dan kakek-kakek :D, salut untuk beliau-beliau yang diusia renta ini masih peduli dengan budaya jawa.

Pukul 20.45, kelompok pertama berhasil tampil dengan sukses dan mendapat tepuk tangan yang meriah, saatnya kelompok kami bermain. Nampak berbeda dengan kelompok lain, kelompok kami beranggotakan laki-laki semua (berjumlah 14 orang). Dengan berbekal latihan yang telah kami lakukan kami bersemangat memainkan tembang yang pertama, lalu kedua, dan yang terakhir ketiga. Tak kalah meriahnya sambutan tepuk tangan plus gelak tawa, ya.. pada tembang yang ketiga nampaknya rekan-rekan kehilangan alur tembangnya sehingga pada bagian-bagian tertentu tembang yang dimainkan terdengar tidak sebenarnya. Namun kami lega dan gembira dan tertawa saling menyalahkan hehehe.. maklum kami belum mahir.

Sesuai aturan main pertunjukan, kelompok yang sudah tampil tidak diperkenankan pulang karena untuk solidaritas kepada kelompok yang lain. Hingga bebrapa kelompok kami tonton, jauh dari kemampuan yang kami miliki kelompok lain begitu hebatnya dalam memainkan tembang-tembang (walaupun terkadang saya melihat salah seorang atau salah seorang yang lain tertawa kecil sendiri, menggeleng-gelengkankan kepala menandakan kesalahan yang ia perbuat hehehe….). Memang dari kelompok-kelompok yang ditampilkan adalah kelompok yang berlatih di bawah asuhan Balai Budaya ini.

Jam menunjukkan pukul 22.30, lima kelompok sudah menunjukkan kebolehannya dalam memainkan tembang-tembang, rasa kantuk dan lelah mulai menghampiri. Akhirnya kami memutuskan untuk berpamitan. Diperjalanan pulang kami mampir di warung untuk makan (dengan menu bakmi jowo dan wedang ronde untuk minumnya) sembari masih bercerita tentang acara tadi. Akhirnya sampe rumah pukul 00.30, huh.. capeknya..

Iklan

2 pemikiran pada “Manggung yang pertama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s