Kembali ke fitrah

Setidaknya hingga hari ini sudah masuk dalam sepertiga mala-malam terakhir bulan ramadhan, seperti yang telah dijanjikan pada malam-malam terakhir terdapat satu malam yang disebut-sebut sebagai “lailatul qadar”. Lailatul qadar, malam yang lebih baik dari malam seribu bulan. Dalam bulan ramadhan juga Al Quran Karim di turunkan/diwahyukan untuk yang pertama kepada Nabi Muhammad SAW.

Selama satu bulan penuh umat muslim diseluruh penjuru dunia mengamalkan ibadah puasa (puasa ramadhan), karena sangat pentingnya puasa ini hingga bagi umat muslim yang tidak dapat mengerjakannya diwajibkan menggantinya di hari yang lain diluar dari bulan ramadhan.

Menahan rasa lapar dan dahaga barang kali sudah hal yang ringan namun mengendalikan hawa nafsu menjadi hal yang luar biasa dalam bulan ramadhan ini. Pekerjaan yang halal menjadi haram pada siang hari di bulan ramadhan. Secara sadar umat muslim mengerjakannya dari waktu subuh hingga waktu maghrib selama sebulan penuh. Walaupun restoran, kedai, penjual makanan dan minuman masih menghiasi ditiap sudut jalan, hati tetap tak tergerakkan untuk mengurungkan puasa yang telah diniatkannya. Ramadahan, telah dijanjikan pahala yang berlipat-lipat disetiap amalan yang baik bila dikerjakan, penghapusan dosa-dosa yang menggunung, dan dijauhkan dari api neraka. Sehingga ketika ramadhan berakhir seperti layaknya tiada dosa dan terlahir kembali sebagai manusia yang bersih, Insya Allah.

Selamat merayakan Idul Fitri 1 Syawwal 1430 H, mohon maaf lahir dan batin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s