Es Pisang Ijo, Mandala Krida

Minuman es paling nikmat di santap siang hari, di tengah cuaca yang panas dan gerah sejenak akan hilang dengan segarnya es apalagi ditambah dengan semilir angin yang sejuk. Menelusuri jalan di daerah Stadion Mandala Krida, tepatnya di sebelah barat terdapat ada penjual yang menjajakan pisang ijo. Tempat untuk berjualan tidak begitu besar hanya ada gerobak dorong meja dan kursi plastik (dulu sekitar 2 lebaran yang lalu,  hanya gerobak kecil dan beberapa kursi plastik di letakkan di sebelahnya, masih belum ada perubahan kelihatannya).

Penjualnya masih sama, kayaknya penjualnya masih bisa bertahan menjual panganan yang sama di tempat yang sama. Memang agak jarang dan boleh dibilang langka di daerah ini yang menjual pisang ijo yang notabene makanan ini berasal dari daerah Makasar, Sulawesi Selatan.

Bahan utamanya sudah pasti adalah pisang, pisang dibalut dengan adonan tepung yang diberi warna hijau persis namanya menjadi pisang ijo, di jawa “gedhang ijo” (baca: pisang hijau) adalah salah satu jenis dari pisang. Kemudian dalam penyajiannya diberi air yang terbuat dari campuran air, tepung dan sirup (kebetulan sirup yang dipakai berwarna merah), lalu ditambahkan beberapa potong es balok kecil-kecil. Mungkiin tidak persis sama dengan pisang ijo yang ada di Makasar atau versi aslinya.

Dalam sehari bisa menjual hingga 200 porsi mulai dari jam 10 pagi hingga jam 6 sore, harga per porsinya 4.500 jadi sekitar sembilan ratus ribu omset penjualan dalam sehari, tutur bapak penjualnya. Silahkan mencoba…

Iklan

5 pemikiran pada “Es Pisang Ijo, Mandala Krida

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s