Permasalahan dengan session

Menggunakan fungsi session untuk halaman login mungkin sudah umum dipakai, disamping itu pula ada cara lain seperti cookies yang juga bisa digunakan. Saat ini versi PHP yang paling mutakhir adalah versi 5.3.1 atau mungkin versi 6.0 sudah release.

Melihat lagi posting yang lalu tentang membuat halaman login dengan session sekilas tidak ditemukan kendala namun untuk versi PHP yang baru (5.3.1 keatas) baru dijumpai masalah, yakni pada fungsi session_is_registered (silahkan cek disini), fungsi ini digunakan untuk mengecek session apakah masih eksis atau tidak.

Ketika sebuah session berhasil dibentuk,

session_start();
session_register(“buah”);
$_SESSION[“buah”] = pisang;

dengan fungsi echo $_SESSION[buah]; kita dapat melihat isi dari session tersebut yakni “pisang”, lalu dengan fungsi session_destroy; isi dari session tadi terhapus atau kosong. Nah, untuk kode program membuat halaman login dengan session yang lalu (dijalankan pada PHP dengan versi 5 keatas) ketika sebuah session sudah di kosongkan lalu kemudian  klik tombol “Back” pada browser maka didapati halaman menu.php lagi, seharusnya ketika session sudah dihapus menu.php tidak dapat diakses dan dialihkan ke halaman index.php. Pada kondisi ini kode baris include “cek_session.php”; di halaman menu.php tidak dapat bekerja.

Alternatif pemecahannya adalah menyisipkan fungsi if .. else .. Fungsi ini digunakan untuk validasi apakah sebuah session masih ada atau tidak sehingga bila tidak ada akan dialihkan ke halaman yang lain dengan fungsi header(“Location: “.url); .

Ok.. barang kali rekan-rekan sekalian menjumpai permasalahan yang sama?

Iklan

3 thoughts on “Permasalahan dengan session

  1. oke.. pas kebetulan ada yang tanya di artikel “membuat halaman login dengan session” untuk permasalahan di artikel ini sudah bisa diatasi, lihat komentar mas rizal ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s