‘Yuk’ belanja akhir tahun

Saya rasa semua sepakat urusan upgrade tren teknologi bangsa ini termasuk yang tidak lambat alias cepat. Untuk produk komunikasi, seperti produk suksenya Blackberry yang dijual di negeri ini sangat laku keras. Produk ini merambah ke tren hape bertombol qwerty dan saat ini sangat banyak dijumpai spanduk di pinggir jalan dan media masa yang isinya iklan produk hape bertombol qwerty plus fitur social networking dan chatting yang bisa didapatkan dengan harga kurang dari satu juta.

Sedangkan untuk produk komputer sudah pasti produk netbook menjadi andalan yang sangat laris manis. Kisaran harga antara 3 hingga 4 juta produk netbook merek ternama bisa didapat. Untuk kategori notebook tak kalah bersaing teknologi baru dengan daya batre lebih dari 8 jam dan lebih tipis mulai dikenalkan ditambah lagi di bundle dengan sistem operasi terbaru milik Microsoft yakni Windows 7.

Dijajaran produk PC Desktop, sudah agak berkurang peminatnya kecuali untuk PC Gamming. Nampak di layout pameran komputer sudah tidak banyak yang memajang peripheral komputer  (rakitan). Mungkin orang sudah mulai berfikir praktis, dengan anggaran sekitar 3 juta (entry level) untuk mendapatkan PC desktop sangat mepet apalgi untuk mendapatkan peripheral yang bagus. Alternatifnya adalah pembeli lebih memilih produk netbook yang lebih enteng dibawa kemana-mana dan irit listrik. Namun beberapa pabrikan besar seperti Acer dan Compaq mungkin juga pabrikan yang lainnya, juga mengeluarkan produk PC Workstation yang lebih murah seperti seri-seri berikut: Acer M1800, HP Presario CQ4068L. Seri-seri tersebut sudah di bundle dengan monitor LCD 15″-16″ dengan kisaran harga 4 jutaan (lihat di bhinneka.com)

Tren kamera DSLR, untuk fotografer kelas entry dengan anggaran sekitar 5 jutaan sudah bisa mendapatkan kamera seperti tipe EOS 1000D dan Nikon D60 . Jangan heran, saat ini tidak hanya fotografer kelas professional yang menenteng kamera DSLR :D. Untuk kamera digital yang gaya dan kompak pun tak kalah menariknya. Produk-produk dari pabrikan ternama bisa didapatkan dengan kisaran harga 2 jutaan.

Smart buy, pastikan anda tidak membeli teknologi lama di akhir tahun ini kecuali bila memang anggaran anda minim. Baca ulasan-ulasan panduan belanja TI, sehingga anda mendapatkan wawasan yang cukup untuk kategori produk yang anda inginkan. Paling tidak perkakas teknologi yang anda beli bisa bertahan hingga 2-3 tahun kedepan sebelum anda berfikir untuk kembali memperbaharuinya. Selamat berbelanja.

Iklan

3 pemikiran pada “‘Yuk’ belanja akhir tahun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s