Mengenal penilaian Windows Experience Index

WEI atau singkatan dari Windows Experience Index yang terdapat pada Windows Vista dan Windows 7 adalah tools yang digunakan untuk mengetahui seberapa baik kinerja sistem komputer yang sedang anda gunakan. WEI sendiri dapat dilihat melalui Control Panel – System and Security – System. Penilaian pada WEI dimulai dari angka 1,0 hingga 7,9 dan nilai tersebut diberikan setelah dilakukan assessment yang dilakukan oleh sistem terhadap lima komponen utama sistem komputer yaitu: kinerja prosessor, kinerja memori (RAM), kinerja grafis untuk desktop, kinerja grafis untuk 3D gaming, dan kinerja harddisk.

Rating 5,4 pada gambar diatas adalah score yang diberikan WEI (dengan menggunakan default driver Windows 7 – 32 bit) pada sistem komputer yang saya pakai dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Prosessor AMD Athlon 64 X2 4800+
  2. Mainboard Gigabyte M52L-S3
  3. Memori Kingstone DDR2 2048 MB
  4. Kartu grafis Albatron NVIDIA GeForce 8600 GT (DDR3 256MB / Buswidth 128 Bit)
  5. Harddisk Seagate 500 GB SATA
  6. Power supply Speedpower 350 Watt

Perlu diingat bahwa score 5,4 tersebut bukan nilai rata-rata gabungan lima komponen (skor akan berbeda untuk sistem operasi 64 bit ). Lebih detailnya, pada bagian Rating klik tulisan “Windows Experience Index” untuk melihat Subscore dari tiap komponen.

Subscore adalah penilaian tiap komponen, sedangkan WEI akan mengambil skor paling rendah (Base score) dari lima komponen diatas dan dengan demikian pemilik sistem komputer dapat mengetahui komponen mana yang disarankan untuk di-upgrade (diganti šŸ˜€ ).

Untuk mengetahui seberapa jauh kinerja dari Base score yang telah diperoleh dari WEI adalah sebagai berikut:

  • Base score 1.0 atau 2.0 memiliki performa yang cukup untuk program Office dan Internet. Namun, tidak cukup kuat untuk menjalankan Aero, atau fitur-fitur canggih multimedia yang tersedia.
  • Base score 3.0 dapat menjalankan Aero dan banyak fitur pada tingkat dasar. Beberapa fitur canggih mungkin perlu bekerja dengan lebih ekstra.
  • Base score 4,0 atau 5,0 bisa menjalankan fitur-fitur baru dan dapat mendukung menjalankan beberapa program pada saat yang sama.
  • Base score 6.0 atau 7.0 memiliki hasddisk dengan transfer data yang lebih cepat, memiliki kinerja grafis yang lebih baik seperti multiplayer dan game 3-D dan perekaman dan pemutaran konten HDTV.

Dengan WEI ini pengguna komputer dimudahkan untuk memilih aplikasi yang tepat dapat berjalan sesuai dengan kinerja maksimum komputer yang ia miliki. Apabila aplikasi yang dipakai melebihi kemampuan maksimal komputer yang ada komputer akan bekerja lebih keras dan mungkin juga akan mengakibatkan kerusakan pada komponennya, biasaya aplikasi yang seperti ini adalah game-game terbaru yang membutuhkan kinerja komputer tinggi :D.

Seperti game diatas, (untuk melihatnya Start – Game, dibagian kanan pilih tab Performance) NFS – SHIFT membutuhkan minimum score base 3.0 dan rekomendasi score base 4.0 sedangkan sistem komputer yang digunakan memiliki base score 5.4 artinya game ini dapat berjalan dengan lancar. Namun jangan lupa, kebutuhan sistem minimum komputer untuk menjalankan game seperti ini perlu juga diperhatikan, terutama pada perangkat grafisnya.


Iklan

70 thoughts on “Mengenal penilaian Windows Experience Index

  1. Numpang tanya mas, saya baru instal ulang komputer saya dri system 32 ke 64, pd saat pke system 32 score memory cukup tinggi hingga 7 koma, tp setelah saya ganti ke system 64, kok score memorynya menurun jadi 5 koma? kenapa ya?
    memory yg sy pke 4 giga.

    terima ksh sebelumnya.

    • Sistem operasi 32 bit dan 64 bit memang berbeda apalagi dalam urusan menangani ukuran memori (RAM).
      Memori 4GB jika dijalankan pada sistem operasi 32 bit akan terbaca sekitar 3GB lebih sedikit hal ini bagi sistem operasi telah dianggap sebagai memori yang sangat besar.
      Sedangkan bila dijalankan pada sistem operasi 64 bit dapat terbaca penuh 4GB, karena sistem operasi 64 bit mampu menangani jumlah memori yang lebih besar dari pada yang 32 bit sehingga skor yang diberikan lebih rendah.

    • saya juga pernag mengalami hal seperti itu mas, coba unistal semua software yg mas intal sebelumnya, termasuk driver Vga, pokoknya unistal semua sama driver-drivernya, setelah komputer restart, jgn instal driver yg lain dulu, instal dulu driver vga nya, setelah instal driver vga, coba Rate.

  2. mas leh tanya gak aku baru instal ulang laptop toshiba satelite l 635 os awal win 7 home preium trus saya ubah pake yg ultimate kok nilai experience index nya turun ya mas pertama 5.5 sekarang jadi 3.3 kenapa ya mas tolong bantuanya

    • Coba dicek base score mana yang turun apakah pada prosesor, grafis, memori, atau harddisk. Apakah driver yang digunakan berbeda?..

    • PSU (Power Supply Unit), adalah alat pencatu daya listrik ke seluruh komponen komputer, dari segi pengkabelannya ada dua tipe: modular ndan non-modular, sedangkan dari segi efisiensi dayanya ada tiga tipe: silver, bronze dan gold.

  3. Ane mau tanya nich…..
    knp ya, stlh ane re-install laptop ane, nilai rating utk prosesor ane menurun, 3.9 (jadi yg plig rendah, padahal tadi’x yg paling rendah Graphic’x 4.3, knp ya?
    Ane pke Win 7 Ultimate 32 (sblm’x jga pke Win 7 Ultimate 32), Prosesor Core i3……

    • Sejauh ini dari sistem komputer yang saya pakai belum ada yang skornya turun kalo re-install, akan tetapi memang ada pengalaman rekan-rekan yang mengalami penurunan skor ketika selesai re-instal sistemnya. Menurut saya, perlu ada pembanding sistem komputer dengan spesifikasi yang sama apakah menghasilkan skor yang sama atau memang berbeda. Bisa juga disebabkan adanya konfigurasi berbeda di sistemnya, bisa dari hardware atau software (bisa juga dari driver yang digunakan).

    • Untuk skor 4.3 itu di bagian procie, vga, atau memori ? kemudian Windows 7 yang digunakan starter, home, profesional, atau ultimate ? yang terakhir bisa juga personalize nya di non-aktifkan atau dikarenakan installer Windows 7 nya.. šŸ™‚

  4. mas ,s etelah saya update driver terbarunya kok rating saya menurun , di bagian Processor , graphics, sama gaming graphics , itu gimana ya mas ? tolong solusinya ..

    • hmm, bisa dibilang peforma mengalami penurunan dengan driver baru ya? tetapi kalau skornya turun lebih banyak, lebih baik pakai driver sebelumnya saja mungkin tidak cocok driver updatenya.

  5. mau tanya ni mas…saya dan teman saya pake amd A6 3400m. lenovo B475. tapi antara WEI untuk prosesor berbeda, nya teman 6.4, sedangkan pnya saya 6,9….mohon penjelasan yang mempengauhi wei trsbut..tq

    • coba di cek apakah menggunakan driver yang sama atau sudah dilakukan update driver, semoga membantu šŸ™‚

  6. mas di a43sd/k43sd memiliki sistem optimus(nvidia & intel),nvidia jalan mulus
    tapi yang ke detect di WEI cuma intel hd3000..dng scor 4.4…
    gmana tuh….

    • Iya, saya juga pernah mengalami masalah yang sama pada laptop dengan grafis tambahan (ati dan nvdia).

    • punya temen saya memory bisa sampai 7, sedangkan punya saya hanya 6, itu kenapa yaa?padahal memory sama2 4gb .

    • Hasil skor memang belum tentu sama mas, perlu dicek apakah merek dan tipe memori yang digunakan sama atau tidak, kadang juga bisa berbeda walau hardwarenya sama

    • apa kalau 32 ama 64 bit hasilnya berbeda?jadi tinggian yg 32?atau gimana mas?

    • bisa jadi iya, 32 bit maksimum memori hanya bisa baca kurang dari 4GB maka disarankan kalo pakai memori lebih dari atau sama dengan 4 GB pakai 64 bit

  7. mas sorry mau nanya kok di laptop sya mengalami penurunan pada graphich yg tadinya 4,7 menjadi 3,7 padahal sya ga pernah ngistal ulang

  8. oiya ane lupa yg lainnya ga da yg turun gan kecuali graphich nya aja (bukan gaming graphic ya gan)
    thanks….

    • kalo menurut saya dibagian pengolah grafisnya ada masalah (karena telah ditunjukkan adanya penurunan skor), tetapi sejauh masih nyaman dipakai tidak ada masalah kok, penentuan skor ini berdasarkan tools yang dimiliki windows belum tentu sama hasilnya jika menggunkan tools lain. Pesan saya gunakan sistem komputer yang ada sesuai dengan best peformanya, boleh lah sedikit-sedikit dipakai secara overdrive, namun akan beresiko lebih cepat mengurangi umur dan peformanya

  9. mau tanya, gan…
    Base Score di PC ane 4.5, apa BS ini sama artinya dengan poin 3 di kineja yang agan tulis di atas?

    • bisa diartikan seperti itu mas, lebih tepatnya base score iitu pada peripheral apa? apakah prosesor, memori, grafis, grafis game, atau harddisk anda?

  10. mas numpang nanya mas, base score saya kok menurun drastis jauh banget knapa ya?
    saya pake hp pavilion g4-1105tx dengan procs intel core i5,
    kemaren sebelum instal ulang rate ane 4.9 tapi abis isntal ulang kok turun jadi 1.0 .
    graphics dan gameing graphics nya turun jadi 1, procecore naik jadi 6-8 dan memory nya jadi 7.1 primary hard disk 5.9 .
    pada hal dulu instal ulang pake windows ini biasa” saja,
    saya make windows 64bit home premium mas,
    ini instal laptop temen juga ikut” an jadi rate 1.
    makasih mas sebelumnya

    • pertama yang harus diperhatikan adalah apakah system operasi dan driver yang diinstal sama persis dengan sebelumnya, kedua memang barang kali sedang mengalami penurunan peforma dari segi hardwarenya

  11. mas mau tanya kenapa komputer saya sesudah di istall ulang base score nya turun jadi 1,0 yang asalnya 5,4.padahal saya install ulang nya pakai win7 ultimate.
    solusinya apa ya mas.

    • prinsipnya jika memiliki memori RAM lebih dari 3-4GB lebih pakailah 64bit. perlu diingat base score WEI maksimum hanya 7,9. untuk mengejar skor yang lebih bagus gunakan software benchmark tool seperti: 3DMark, SiSoftware Sandra, PCMark, Novabench, dll

    • perhatikan bagian mana yang base scorenya menjadi turun, apakah prosesor, memori, grafis atau harddisknya

  12. mau tanya mas kok laptop saya rating ny berkurang setelah install ulang ya

    sebelum reinstall graphig 3,4
    graphig game 3,7
    hardisk 5,9

    setelah install, graphig & graphig game nya jd 1,0
    sedangkan hardisk nya kok turun 2x ya dari 5,9 menjadi 5,7 & sekarang jd 5,0 … knp tuh mas?

    • menurut saya laptop/komputer yang sudah dipakai akan mengalami penurunan peformanya, ini sangat wajar. instal ulang tidak serta merta akan membuat komputer menjadi baru lagi, kecuali ada beberapa komponen diganti (diupgrade)

  13. kk gimana cara meningkatkan base scorenya kk, setelah saya instal ulang kok game graphig nya 1,0,dan grapichnya 1,0 juga

  14. Mas mau nanya, Procesor saya mengalami penurunan scorenya, yang sebelumnya 7.5 dan setelah diinstall ulang menjadi 4.5. Padahal core i7 kok bisa penurusan sebesar itu ya ? Bahkan scorenya menjadi paling kecil dari 5 komponen lainnya, sebelum install ulang yang paling kecil itu Hardisk 5.9. Padahal sama” WIndows 7 ultimate 64 bit dan diinstall dengan driver yang sama.
    Apa mungkin score indexnya yang salah perhitungan ya mas ?

    • apakah sudah diinstall driver chipset-nya??
      sebagai informasi tambahan saja, beberapa waktu yang lalu ada artikel dimuat pada majalah komputer nasional bahwa WEI ini bisa di manipulasi melalui me-edit file tertentu yang ada di sistemnya windows, kalau demikian pastikan membeli komputer yang belum pernah di utak-atik registry / file sistemnya walau susah cara mengetahuinya šŸ™‚

    • saya juga pernah mengalami hal seperti itu mas, coba unistal semua software yg mas intal sebelumnya, termasuk driver Vga, pokoknya unistal semua sama driver-drivernya, setelah komputer restart, jgn instal driver yg lain dulu, instal dulu driver vga nya, setelah instal driver vga, coba Rate, pasti bisa mas coba saja hehehe..

  15. Sepertinya karena dari Windows nya langsug gan, karena saya penasaran, saya mencoba install ulang lagi dengan windows 7 64bit yg lain, sizenya beda sedikit dari yg sebelumnya. Selesai install win & driver dll langsung cek score, hasilnya procecor 7.4 dan yang paling kecil hardisk 5.9. Jadi menurut agan gimana kok bisa berbeda ya?
    Kalo ditanya SP, sama” SP 1 kok windowsnya

    • untuk mengetes kinerja hardware skor WEI bukan satu-satunya nilai yang bisa buat acuan, para master dan suhu komputer malah menggunakan benchmark tool lain untuk menguji hardwarenya.
      namun pengalaman bang JackBanana instal dengan cd windows yang berbeda bisa beda pula WEI-nya ya..
      kalo saya barangkai sudah hampir dua tahun gak pernah instal ulang komputer, sehingga skor WEI-nya masih tetap itu šŸ˜¦ “butuh komputer baru”

  16. numpang nanya, kok indeks processor aku menurun ya… dari 5.9 jadi 5.0.

    apa itu krna processor udh melemah kian hari?

    memang, laptop aku skrg cpt panas.

    dan baru ditambah ram. jadi instal lg ke yg 64 bit.
    apa penyebab dy bisa menurun bgtu?
    apa krna perubahan bit, atau salah instal driver, atau memang udh waktunya ?

  17. Mas harrdisk saya nilainya 5.9..kemarin beli 7 sekian trus rusak diganti sekarang jadi 5.9..apa benar klo harddisk itu memang 5.9 semua pointnya apa gimana ya mas?

    • apakah harddisk yang baru sama persis tipenya dengan yang diganti? beberapa pengamatan saya tipe HDD SATA skornya ada di 5.9 atau mungkin ada yang lain saya belum pernah menemuinya, barang kali dengan menggunakan tipe SSD akan lebih baik skornya.

  18. Ping-balik: Rating Komputer | rasya amanadira

  19. Ping-balik: Rating Komputer | Andini Kesuma

  20. Mas mau tanya aku kemaren baru ganti windows 7 sm ganti ram 4gb kok tampilan jd aneh kayak safe mode pdhl udah aku ubah ke normal dan indexnya 1,0 .trim

  21. Score wei tidak berpengaruh gan, yg penting kalau masih enak buat internet maupun game, ngapain mikirin WEI. Toh WEi yg asli mentok 7.9 padahal kalau ente pakai vga kelas titan masa scorr nya 7.9 sama dgn hal nya vga kelas gtx 9

    • iya setuju sama mas arif fajar, selama masih fine dan oke buat dipakai gak jadi masalah, inikan bechmark dari microsoft punya, dan tentunya ada parameter2 tersendiri sendiri mengapa si microsoft kasih skor segitu ke mesin kita

  22. Saya kira score itu nilai rata2, ternyata itu menunjukkan komponen yg nilainya performanya terendah. Pantesan komputer yg saya pakai untuk gambar 3d dngn prosesor i7 3770K ram 16gb (2x8gb) dgn VGA spec standar scorenya sama dengan komputer anak saya yg makai core two duo. Pikir saya ada yg tdk bener dgn komputer saya. Thanks infonya.

  23. cara buat ningkatin skor Desktop performance for windows aero soalnya punya saya cuman 4.2padahal gaming performance nya 5.7 Processornya 6.9 RAMnya 7.0 Dan HDD nya 5.9 tapi kok desktop nya gak tinggi apa monitor berpengaruh soalnya monitor saya jelek gara gara punya saya yang bagus pecah

    • kalo melihat dari score itu, mungkin bisa ditingkatkan di komponen grafisnya, misalnya diupdate drivernya atau bisa diupgrade komponennya

  24. mas saya mau nanya kenapa ya habs install ulang laptop kok rating saya menurun jadi 1.0 padahal awalnya 5.1.. apa ya yg kurang atau belum terinstall.. makasih mas šŸ™‚

    • bisa jadi drivernya tidak sama dengan yang dulu, atau memang sudah mengalami penurunan peforma dari komponennya itu sendiri

  25. saya mau nanya rating :5,5 udah bagus? tapi kok suka ngelag ngelag ya kalau mau main game ramnya 2 gb

  26. Mas mau nanyain nih aku punya laptop Asus K4O1J Windows 7 ultimate
    Spec:
    Processor:Intel(R) Core(TM) 2Duo CPU
    RAM:2,00 GYGABYTE (2 GB)
    System type:32-bit
    Graphic:Mobile Intel (R) 4 Serius Express Chipset Famili (.Jelek.)
    Basescore:
    Processor:5,5
    Ram:5,5
    Graphics:3,2
    Gaming Graphics:3,3
    HardDisk:5,9
    Nah supaya Graphics sma Gaming Graphics naik ke 5,5(kalau bisa) gimana caranya atau mungkin ganti kartu grafisnya pengennya sih Intel Hd Graphics 4600. Tolong dijawab

    • kalau untuk meningkatkan peforma laptop sepertinya agak susahya, dikarenakan sparepart sudah paten tidak dapat diganti, berbeda di pc desktop yang mana sparepart bisa dicopot dan diupgrade

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s