Update BIOS

Basic Input Output System (BIOS) merupakan hal penting bagi sistem komputer agar bisa booting dengan normal. Kata BIOS juga bisa diartikan sebagai “kehidupan” dalam istilah Yunani. Ketika komputer pertama kali di nyalakan BIOS ini lah yang berperan penting dalam inisialisasi semua perangkat yang ada di komputer. Tugas-tugas BIOS kurang lebih sebagai berikut:

  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

Nah beberapa waktu yang lalu komputer yang saya pakai mengalami masalah yaitu tampilan pada LCD menjadi kosong (no display, no video input) alias blank hal ini terjadi setelah beberapa menit komputer dinyalakan. Sebelumnya memang ada penggantian komponennya yaitu kartu grafis, sebelumnya menggunakan Albatron 8600 GT melalui sebuah proses “tukar guling” saya ganti dengan Force3D HD 4850 (memori dan buswidth peningkatan 2x πŸ™‚ ). Kembali pada permasalahan tadi, terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan kartu grafis baru tersebut tidak dapat berjalan dengan baik, kira-kira kronologis penyelesaiannya sebagai berikut:

Power Suply, dalam situs resminya, AMD ATI Radeon 4850 mensyaratkan daya 450 Watt (single card) dengan +12V untuk single rail 30A atau 40A untuk double rail (idealnya :D). Dalam situs tersebut juga menyediakan PSU support list (cek disini: http://support.amd.com/us/certified/power-supplies/Pages/listing.aspx). Dengan mengganti PSU yang baru masalah masih sama 😦 , (pernah dicoba pula dengan PSU generik 500 Watt di komputer berbeda dan bisa berjalan normal).

Mainboard, umumnya semua mainboard bisa menerima (dipasang) kartu grafis apa saja asal sesuai dengan slotnya atau interface-nya (PCIe 16x). Kemudian kartu grafis saya pasang di komputer lain dengan “jeroan” yang berbeda, alhasil bisa berjalan dengan normal tanpa masalah. Saat ini mainboard yang saya pakai adalah GA M52L-S3 cukup jadul memang πŸ˜€ dengan BIOS versi F8. Melalui situs resminya dan juga dari saran rekan di forum Kaskus menyarankan untuk meng-update BIOS. Gigabyte telah menyediakan BIOS versi terbaru yaitu versi F9a, dan melalui sebuah aplikasi kecil @BIOS yang disediakan oleh Gigabyte memudahkan bagi saya untuk mengupdate BIOS tanpa melalui booting menggunakan floppy disk (dulu populer dengan sebutan disket). Cukup instal @BIOS lalu jalankan aplikasinya, pilih menu “Update BIOS from File” lalu pilih file bios yang baru (pernah coba yang update from gigabyte server, hasilnya masih versi F8). Setelah selesai, @BIOS akan meminta untuk restart. Jangan lupa untuk masuk ke menu setup BIOS (tekan tombol Del) lalu pilih Load Optimized Default Setting.

Setelah langkah-langkah tersebut saya lakukan, sistem berjalan normal tanpa masalah (nampaknya berhasil πŸ™‚ ). Namun disayangkan, setelah 2-3 hari berikutnya masalah “Video No Input” muncul lagi… geram rasanya 😦 .

Dengan versi BIOS yang lebih baru dimungkinkan mainboard “lama” bisa lebih mengenali perangkat keras yang baru selama masih dimungkin oleh produsennya πŸ˜€ . Denger-denger sih tahun depan Microsoft bakal ngeluarin penerus Windows 7 diberi nama Windows.NEXT (Windows 8 ) yang sudah mengusung UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) yang intinya menggantikan BIOS konvensional yang menurutnya BIOS lama perlu 40 detik untuk boot, sedangkan menggunakan UEFI hanya perlu waktu 20 detik. Good… πŸ™‚

Iklan

2 pemikiran pada “Update BIOS

  1. Mas, MINTOL….!!

    Kalau tangal,bulan,tahun berubah2 apa perlu update bios dan bagaimana caranya mengupdate bios ASUS P5GC-MX, Dan bagaimana mendapatkan Update bios tersebut dari ASUS.

    Terima kasih banyak, mohoninfo ke email saya…

    • 1. coba ganti batre bios terlebih dahulu, umumnya penggantian batre bios dengan yang baru, harga kurang lebih 5 ribu perak πŸ˜€
      2. kayaknya buat P5GC-MX ada tuh bios update nya beserta bios tool nya, cek di situs : http://www.asus.com

      sudah di cc ke mail juga..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s