Search Engine Optimization (SEO)

SEO, tehnik optimasi mesin pencari, adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas trafic ke situs web dengan memanfaatkan mesin pencari. Untuk mencari sebuah informasi (apa pun itu..) cara yang paling mudah melalui mesin pencari, dari kata yang dimasukkan ke mesin pencari ribuan tautan situs akan ditampilkan urut berdasar kepopulerannya (baca: peringkat). SEO sendiri sudah dikenal lama oleh para webmaster, apalagi sekarang tren pemasaran produk barang/jasa melalui media internet atau yang kita kenal sebagagi internet marketing, sehingga tehnik-tehnik SEO sedikit-banyak sangat membantu. Mesin pencari seperti www.google.com, www.yahoo.com, www.bing.com adalah mesin pencari populer, mereka memiliki algoritma perangkingan web sendiri-sendiri dan hasil yang didapat dari satu mesin pencari belum tentu sama pada mesin pencari yang lainnya. Umumnya mesin pencari seperti google.com lebih banyak diminati, sehingga untuk bisa muncul pada halaman pertama hasil pencarian pada suatau mesin pencari sangatlah menguntungkan, karena orang cenderung akan malas untuk membuka halaman “kesekian” dari hasil pencarian. Dalam strategi SEO dikenal istilah In-site dan Off-site, penjelasan secara singkat sebagai berikut:

In-site SEO; yaitu optimasi pada halaman situs/web itu sendiri seperti:

  1. Url, disarankan memilih nama url yang pendek, keuntungan dengan nama url yang pendek adalah lebih mudah diingat
  2. Title, pastikan tiap halaman memiliki title/judul yang unik, disarankan panjangnya kurang lebih 10-70 karakter
  3. Meta Descriptions, berisi mengenai uraian singkat tentang situs/web, disarankan panjangnya kurang lebih 70-160 karakter
  4. Meta Keywords, berisi kata kunci yang dianggap relevan dengan konten situs/web
  5. Language, deklarasikan language/bahasa yang digunakan
  6. Heading, gunakan heading tag H1 – H6 seperti untuk judul atau menu
  7. Images, pastikan tiap gambar memiliki alternative text
  8. Sitemap, disarankan web memiliki peta web untuk memudahkan mesin pencari lebih menelusuri seluruh halaman situs/web
  9. Robots.txt, file ini berguna untuk membatasi akses mesin pencari ke direktori atau halaman tertentu dari situs/web
  10. Feed, membuat feed atau rss untuk meringkas konten isi situs
  11. Kurangi frames dan flash, mesin pencari sulit meng-index halaman seperti ini
  12. W3C validity, lakukan validasi halaman web untuk mencari kesalahan penulisan kode

Off-site SEO; optimasi yang dilakukan diluar dari situs untuk mencari popularitas di internet seperti:

  1. Backlinks, seberapa banyak website lain memasang url situs/web anda
  2. Social Media, tidak semua orang membuka langsung alamat situs/web anda, namun dengan bantuan social media mereka lebih mudah mengakses ringkasan informasi situs/web anda

Dari dua strategi diatas, Off-site SEO adalah yang paling sulit ibarat seorang pedagang yang menjual dagangannya. Tempat dan aksesories sudah tertata dengan rapi perhatian pembeli tetap pada barang yang dijual jika sesuai maka dibeli. Hal yang serupa dalam strategi SEO ketika langkah-langkah diatas sudah di lakukan, tetap kekuatan popularitas situs ada pada konten didalamnya. Banyak strategi SEO digunakan untuk mengelabuhi mesin pencari (baca: Blackhat SEO) tujuannya tidak lain adalah untuk mencapai popularitas teratas (menaikkan peringkat).

Untuk membantu melakukan SEO, gunakan alat-bantu yang telah disediakan setiap mesin pencari seperti :

  1. Google menyediakan www.google.com/webmasters
  2. Yahoo menyediakan www.siteexplorer.search.yahoo.com
  3. Bing menyediakan www.bing.com/toolbox/webmasters

Dari tiga situs tersebut yang paling kumplit milik Google. Sedangkan untuk mengetahui seberapa efektif strategi SEO yang telah anda lakukan gunakan website analysis tool seperti yang dimiliki www.woorank.com.

(Tambahan, edit pada tanggal 11 Nov 2014)

Untuk alat bantu mengukur sebuah website, selain menggunakan woorank.com (gratis seminggu sekali) bisa juga menggunakan nibbler.silktide.com (gratis).

Nah, setelah mengetahui hasilnya jangan lupa memperhatikan saran-saran yang diberikan (biasanya ditunjukkan dengan notifikasi warnanya), saran saya ikuti saran/rekomendasi tersebut kemudian lakukan pengujian/pengukuran lagi dengan alat bantu ukur website yang sama untuk mengetahui peningkatan skor keseluruhan.

Iklan

12 thoughts on “Search Engine Optimization (SEO)

  1. Saya setuju Gan SEO yang paling sulit itu adalah membangun back link,kesuitan terbesar adalah mengalahkan diri sendiri ( mengalhkan rasa malas, jenuh, ga fokus dll)

  2. tentang back link saya baca dibeberapa blog ada ajakan tukar link, bagaimana cara memasang diwordpress saya ,widget apa yang harus dipakai,apakah link yang dalam bentuk banner juga dapat dipasang.mohon dibantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s