HD4850, kepanasan

Bagi para penikmat chipset grafis ATI, khususnya HD4850 mungkin pernah merasakan depresi ketika melihat suhu GPU mencapai lebih dari 60 derajat (C). Hal yang sama pun saya alami ketika beberapa bulan lalu kembali menjajal kartu grafis dengan chipset ini dari pabrikan HIS, tahun lalu menggunakan pabrikan Force3D.

Konfigurasi kartu standar pabrikan dengan software Catalyst versi 11.4 pun standar :D. Alhasil, pantauan dari Everest temperatur GPU idle berkisar 57-59 derajat (open case), kalau orang Jawa bilang “sumuk” alias gerah, dengan fan speed kurang berkisar 100 rpm ..?. Sempat berpikir untuk mengganti vga cooler, barangkali dengan menggantinya bisa mengatasi masalah paling tidak bisa menurunkan panasnya namun tentu saja tidak murah harga vga cooler yang bagus :(. 

Melalui Catalyst Control Center (CCC), saya coba mengkonfigurasi secara manual (AMD Overdrive) speed fan yang mulanya bertengger pada posisi 20% menjadi 50%. (lihat pada Enable Manual Fan Control).

Hasil yang didapat dengan GPU idle, temperatur turun pada posisi 45 derajat (C), tercatat lewat Everest fan speed 850 rpm. Sebetulnya masih bisa dinaikkan lagi hingga mendekati 100%, namun tentu hal ini kan mempercepat usia fan itu sendiri.

Panas yang berlebih pada prosesor dapat mengakibatkan kegagalan sistem, sistem macet, bahkan hingga menimbulkan kerusakan pada kartu grafis. Untuk itu perlu diperhatikan kinerja pendinginan yang lebih baik. Sebagaimana diketahui umum, chip-chip pabrikan AMD lebih sering dipakai untuk overclock untuk mendapatkan kemampuan maksimal dari chip itu sendiri.

Bagi rekan-rekan penggemar HD4850 mudah-mudahan tips ini bisa membantu, sebelum memutuskan untuk mengganti vga cooler dengan yang baru.

Iklan

7 pemikiran pada “HD4850, kepanasan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s