Mengecilkan ukuran foto dengan Photoshop

01/11/2011

Mengisi formulir online kadang-kadang membuat jengkel karena isiannya yang banyak, apalagi menyertakan atau mengharuskan mengunggah berkas tertentu. Sering dijumpai formulir online membatasi ukuran berkas yang akan diunggah, foto misalnya ukuran piksel dan ukuran berkas dalam kb (kilobyte).

Beberapa hari yang lalu, seorang rekan dari Turki menghubungi saya melalui pesan instan, ia mengeluh karena selalu gagal ketika akan mengunggah pas foto di salah satu formulir online yang mensyaratkan ukuran foto 100 x 110 piksel dan ukuran berkas tidak lebih dari 10kb. Kemudian ia mengirimi pas foto yang dimaksud. Dengan aplikasi Microsoft Office Picture Manager, melalui menu Edit Pictures > Resize > Custom width x height, ukuran piksel sudah memenuhi kriteria yang disyaratkan namun untuk ukuran berkas masih lebih besar dari 10kb, yaitu 25kb. Berikutnya menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, ukuran piksel telah disesuaikan lalu disimpan, melalui menu File > Save as > Format: JPEG, Image Options: Low, Format Options: Baseline Optimized, dihasilkan ukuran berkas 15kb dan kualitas foto sedikit agak kabur.

Masih menggunakan aplikasi yang sama (Photoshop), melalui menu File > Save for Web & Devices, muncul kotak dialog baru, dibagian kanan atas pilih JPEG, High, Quality: 60, lalu klik Save, ukuran berkas menjadi 4kb.

Klik di bagian Preview setiap setelah melakukan perubahan konfigurasi untuk melihat perubahan foto. Komposisi foto yang berbeda juga mempengaruhi menghasilkan ukuran yang berbeda, jadi disini hanya ingin menunjukkan salah satu cara mengecilkan ukuran berkas foto untuk keperluan formulir online atau bisa juga dipakai untuk desain web supaya halaman web lebih kenceng ketika di-load oleh browser.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s