Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

Akhirnya dapat juga mencicipi nasi liwet di warung nasi liwet khas Solo yang dijual di Jogja, memang bisa dibilang jarang penjual nasi liwet di Jogja. Nama warungnya adalah “Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, Keprabon Solo”, tepatnya berlokasi di jalan jembatan baru dari Jln. Teknika UGM ke arah barat menuju Jln. Monjali. Warung ini juga rekomendasi dari beberapa rekan kerja yang pernah mencicipi disana dan katanya juga ini adalah salah cabang dari yang ada di Solo. Di daerah asalnya, Solo, nasi liwet banyak dijual mulai dari restoran, warung, hingga pedagang kaki lima (bakul bambu/gendongan) yang penjualnya adalah ibu-ibu dengan mengenakan pakaian kebaya Jawa.

Sedikit bernostalgia, pertama kali mencicipi nasi liwet ketika sedang bertandang ke rumah saudara di Solo dekat dengan Taman Sriwedari (Jln. Selamet Riyadi) untuk makan sarapan (makan pagi), belinya di pinggir jalan kecil atau orang menyebutnya “gang”. Kemudian untuk kali yang kedua ketika berdomisili di Semarang bersama rekan kuliah (mas Prapto) untuk makan malam, tepatnya di daerah Tembalang (Jln Banjarsari) depan kantor Pos Tembalang, entah sekarang masih berjualan disana apa tidak?.

Nasi liwet disajikan dengan sederhana, nasi dimasak dengan santan, lauknya berupa suwir ayam kampung, telur ayam, labu siyem, kuah santan, putih telur, sedikit areh (santan kental), dan menggunakan alas/tempat dari daun pisang. Semakin nikmat bila menyantap nasi liwet selagi panas dan ditemani dengan segelas teh hangat manis, mm.. nikmat sekali. Silahkan mencoba..

Iklan

7 pemikiran pada “Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

  1. jiah baru sekali makan nasi liwet bbrp hari yg lalu di nikahan adik ane.
    Makan sepuasnya, lauk+arehnya ambil semaunya mangcaaaap boneng gannn.
    Biasanya makan nasi gurih , ternyata nasi liwet jauuuh lebih enak. Nyesel juga baru tau nasi liwet sekarang. Kirain dulu biasa aja soalnya setau ane semua nasi diliwet, he he he.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s