Sate Klatak Pak Jono, Jejeran

17/05/2012

Mencoba masakan sate yang tersohor di daerah Bantul, tepatnya di Pasar Jejeran, Wonokromo, Pleret. Sate Klatak berbahan dasar daging kambing yang dipotong-potong seukuran jempol dewasa dan cara memasaknya hanya dibumbui garam saja lalu ditusukan pada jeruji besi lalu dibakar diatas bara api dari tungku arang.

Mengapa disebut sate klatak?, menurut cerita kata klatak diambil dari bunyi yang keluar ketika sate itu dibakar. Mungkin karena hanya berbumbu garam dan ciri daging kambing yang berair ketika dimasak menyebabkan bunyi semacam klatak.. klatak..πŸ˜€. Lantas saya juga berpikir kenapa tidak dinamai dengan asal daerah masakan itu muncul, misal sate jejeran (nama daerah), sate pasar (nama lokasi jualan), atau yang lainnya, itulah letak dimana ke-khasannya sate ini.

Satu porsi sate klatak disana hanya berisi dua tusuk, bisa pilih daging semua atau campur (daging dan hati). Walau hanya dibumbui garam saja namun rasanya enak, empuk, dan berair dan sedikit rasa asin. Sebagai pendampingnya disajikan pula gule kambing dan yang tidak kalah enak juga ada menu lain yaitu tongseng kepala kambing.

Sate Klatak di pasar Jejeran ini mulai berjualan sore hari (sekitar pukul 6 sore) hingga malam. Jika anda ingin kesana dari kota Jogja ke terminal Bis Giwangan (Jln. Imogiri Timur) terus ke selatan hingga perempatan pasar Jejeran.

Warung sate Pak Jono berada di paling depan menggunakan tenda terpal. Selain Pak Jono ada pula beberapa warung sate lain yang menjajakan menu yang sama, karena memang satu area pasar ini (bersebelahan dengan pasar tradisional) dikhususkan menjual sate klatak dan ini yang manjadi ikon di daerah ini. Selamat mencoba…

6 Tanggapan to “Sate Klatak Pak Jono, Jejeran”

  1. jimmy Says:

    Nice Informasinya gan,, sangat membantu sekali..πŸ™‚


  2. kalau makanan enak saya harus coba nih….mau dongg
    di bikinin 2 porsii yaa..haha

  3. Grosir Bersama Says:

    Di Jakarta ada tidak yah?πŸ˜€


  4. […] SUMBER Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. Permalink […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s