Tahu Gimbal Pak Yono, BPD DIY

Tahu Gimbal, masakan khas Semarang (Jawa Tengah) ini dapat dijumpai di Jogja tepatnya di pinggir trotoar jalan Tentara Pelajar dekat dengan Kantor BPD DIY (biasa juga populer dengan nama Tahu Gimbal Depan BPD DIY, dari bunderan Samsat DIY ke arah utara).

Gimbal dalam kamus makanan orang jawa 🙂 adalah udang yang dicampur dalam adonan tepung terigu encer lalu digoreng, hampir mirip peyek (peyek udang). Gimbal udang ini biasanya dijadikan sebagai lauk pendamping nasi dan sayur, paling enak dimakan ketika masih anget karena kalo sudah dingin biasanya menjadi kurang renyah (baca jawa: mlempem).

Pada sajian tahu gimbal berisi potongan ketupat, tahu goreng, potongan gimbal udang, telur ceplok (mata sapi)/telur dadar (telur kocok goreng), irisan kol, bumbu kacang dan sedikit kecap manis. Sebenarnya ada tempat lain yang menjual tahu gimbal selain Tahu Gimbal Pak Yono ini, yaitu di jalan Prof Herman Yohanes, Sagan. Terdapat dua tempat yang juga menjual tahu gimbal khas Semarang, yang pertama di Pandanaran Resto & Cafe sebelah timur jalan dan satu lagi di barat jalan namun sayangnya sudah tutup (dulu jualannya menjelang sore hingga malam dan ditempat ini juga menyajikan Nasi Gandul yang enak) dan sekarang menjadi Kedai Ketawa.

Pak Yono, pemilik warung ini berjualan dari pagi hingga siang dan menurut orang-orang paling rame adalah waktu jam makan siang. Kebetulan waktu datang ke sana hari Sabtu sekitar pukul 10 pagi selepas latihan Tenis di Lapangan Indoor Kopertis DIY, hitung-hitung buat sarapan pagi. Karena jualannya dipinggir/trotoar jalan ya pastinya sedikit gerah, namun jangan kuatir disana juga menjajakan teh botol dingin. Selamat mencoba..

Iklan

7 pemikiran pada “Tahu Gimbal Pak Yono, BPD DIY

  1. Ping balik: Kuliner Jogja: Tahu Gimbal Pak Yono, BPD DIY - Rental Mobil Jogja | Sewa Mobil Jogja | Wisata Jogja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s