PCCooler HP5-135, VGA cooler

Pada dasarnya VGA cooler (pendingin chip prosesor kartu grafis) memiliki fungsi yang sama dengan CPU cooler (pendingin chip prosesor), yaitu suatu media yang bertugas menghantarkan panas yang dihasilkan dari unit chip prosesor. Terdapat suatu media penghantar panas yang baik untuk dipakai dalam sistem komputer yaitu menggunakan mineral logam (yang umum dipakai adalah bahan tembaga dan aluminium). Nah dalam perkembangannya, sistem pendingin berbahan logam ini berkembang mengikuti tren yang diikuti dengan peningkatan kehandalan dari sistem pendinginannya. Dipasaran produk pendingin untuk sistem komputer yang paling banyak dijumpai adalah sistem pendingin udara dan sistem pendingin air, namun ada juga yang menggunakan nitrogen cair untuk pendinginan tingkat ekstrem.

Saat ini saya masih menggunakan kartu grafis HIS ATI Radeon 4850 1G/256bit ICEQ 4 yang mana kartu grafis ini sudah saya pakai hampir selama dua tahun lebih dan masih fit, kecuali pada bagian sistem pendinginnya. Nampaknya kipas standar pabrik mengalami penurunan kinerja yang kadang muter dan kadang diam. Sebetulnya desain pendingin ICEQ 4 ini sangat bagus, aliran udara yang dihasilkan dari putaran kipas dialirkan keluar menuju kebelakang (slot PCI) melalui rongga-rongga heatsink. Melalui ATI Catalyst kecepatan putaran kipas saya atur di posisi 60% (seting default diposisi 20%) dan dihasilkan temperatur rata-rata 50 derajat C (dipantau menggunakan CPUID HW Montior).

Setelah berselancar mencari produk-produk pendingan alternatif yang terjangkau, akhirnya pilihan jatuh pada pabrikan PCCooler berasal dari negara “tirai bambu” yaitu tipe HP5-135 yang merupakan salah satu jenis pendingin pasif. Mengapa memilih produk ini? pertama, ketersediaan pendingin untuk kartu grafis tidak sebanyak produk pendingin untuk prosesor yang sudah sangat mudah dijumpai di etalase toko (dengan kata lain ketersediaan model terbatas). Kedua, dicari pendingin untuk tipe long pcb yang sesuai dengan panjang kartu grafis.

hp5-135

Sekilas memang hampir mirip dengan heatsink milik pabrikan Xigmatek Bifrost dengan tanpa kipas ganda. Alternatif lainnya ada Gelid Icy yang juga menggunakan dua buah kipas.

Setelah pendingin ini dipasang pada kartu grafis dan selanjutnya dipakai secara normal untuk mengetik + berselancar + memutar MP3, memutar film HD, selama kurang lebih satu jam didapatkan temperatur (menggunakan CPUID HW Monitor) sebagai berikut:

Beberapa saat setelah booting

hp5-firstboot

Setelah satu jam pemakaian

h5-onehour

Setelah dipasang satu kipas PC Cooler 96B dengan daya 5volt, dan dipakai selama satu jam lebih

hp5-twohour-with-fan5volt

Sejauh ini dengan kondisi temperatur 45-50 derajat C boleh dibilang mendekati sama dengan pendingin asli pabrikan bahkan lebih dingin.

WP_000324

Dengan penggantian heatsink dan kipas yang baru ini pengaturan kipas tidak dapat dilakukan melalui ATI Catalyst, pengaturan kecepatan hanya dapat dilakukan secara manual melalui konektor molex yang tersedia dalam paket kipas 96B. Terdapat dua mode daya yaitu 5 volt dan 12 volt dengan cara memasang 3 pin kipas pada molex 5 volt (warna merah-hitam) atau 12 volt (warna kuning-hitam).

PCCooler HP5-135 ini dapat memuat dua kipas ukuran 9 cm sehingga masih dapat dipasang satu kipas 96B lagi dan untuk hasil lebih maksimal putaran kipas dapat diset penuh yaitu menggunakan daya 12 volt.

Artikel penting lainnya:
http://en.wikipedia.org/wiki/Computer_cooling
http://www.hisdigital.com/un/product2-30.shtml

Iklan

One thought on “PCCooler HP5-135, VGA cooler

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s