Jadwal Perjalanan Kereta Api, 2013

30/04/2013

kaiGenap satu bulan ini seluruh jadwal perjalanan kereta api mengalami perubahan (tepatnya per 1 April 2013). Walaupun sudah diumumkan sejak diawal tahun 2013, beberapa bulan yang lalu, masih saja menjadi berita hangat pembicaraan khususnya bagi para pelanggan kereta api. Sebagai salah satu pengguna jasa layanan PT Kereta Api setidaknya lebih dari dua tahun terakhir ini, berikut informasi mengenai perubahan jadwal perjalanan kereta api yang baru anggap saja ini sebagai pengingat atau catatan sehingga rekan-rekan bisa lebih mempersiapkan secara perjalanan anda. Sebagai catatan artikel ini hanya menyebarkan informasi perubahan jadwal perjalanan kereta api saja, bukan mengenai cara memesan tiket atau pun panduan langkah demi langkah pemesanan tiket.

Berikut ini adalah alternatif melihat jadwal perjalanan kereta api yang dapat anda lakukan secara mandiri melalui komputer atau telepon pintar milik anda:

  1. Ebook, dapat diunduh melalui link Ebook Perjalanan Kerera Api 2013
  2. Akses online, melalui Situs Resmi Reservasi Tiket PT Kereta Api

Nah apabila rekan-rekan berada di Yogyakarta pastinya sudah hafal jika melakukan pemesanan tiket dengan datang sendiri ke Stasiun Tugu, alamattt.. antrinya banyak sekali apalagi kalo datangnya sore hari. Sebagai alternatif rekan-rekan bisa datang ke Stasiun Lempuyangan yang antriannya jauh lebih sedikit akan tetapi tanpa “karcis antrian.”

Untuk mengindari tanya-jawab anda dengan petugas stasiun kereta tentang jam berangkat dan ketersediaan tempat duduk kereta ada baiknya anda melakukan hal ini: cek ketersediaan tempat duduk seketika sampai di stasiun yang tertampil di layar LCD TV (jika ada). Dalam layar tersebut ditampilkan nama kerta, jam pemberangkatan, tanggal, berikut jumlah kursi yang masih kosong (tersedia). Apabila rekan-rekan membawa telepon pintar atau komputer tablet bisa langsung membuka website http://tiket.kereta-api.co.id, pilih tanggal keberangakatan, pilih stasiun asal, pilih stasiun tujuan, jumlah orang dewasa/anak, lalu klik tombol tampilkan.

reservasi-tiketJika rekan-rekan menggunakan komputer arahkan mouse pada tombol “Booking”, akan muncul popup berisi angka numerik yang berarti jumlah ketersediaan kursi. Sedangkan untuk komputer tablet atau telepon pintar hanya dapat mengetahui ketersediaan kursi bila masih ada tombol “Booking”, yang artinya kursi masih dapat dipesan.

Hal penting lainnya apabila hendak melakukan pemesanan tiket baik itu datang langsung ke stasiun atau melalui agen perjalanan adalah persiapkan nomor KTP orang yang akan berangkat. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan harga tiket sewaktu-waktu dapat berubah dan pengembalian tiket apabila melakukan pembatalan perjalanan uang baru akan cair setelah 30-45 hari sejak pengajuan pembatalan tiket. Semoga artikel ini sedikit banyak bisa bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian.

Artikel penting lainnya:
Jadwal Perjalanan Kereta Commuter Line, akses online: http://www.krl.co.id/Info-Jadwal-KA-Commuter.html atau format gambar PNG dapat diambil melalui http://www.krl.co.id/BERITA-TERKINI/jadwal-perjalanan-berlaku-1-april-2013.html hal ini bermanfaat juga bagi rekan-rekan yang jauh dari St. Pasar Senen atau St. Gambir

4 Tanggapan to “Jadwal Perjalanan Kereta Api, 2013”

  1. jl.mandala Says:

    thanks banget untuk infonya gan..
    maju terus dan sukses selalu..

    • alifaiq Says:

      thanks, tapi kayaknya bulan juni/juli 2014 akan ada perubahan lagi, kapan-kapan saya posting lagi deh🙂

  2. zaskia Says:

    thanks sob untuk postingannya…
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu…
    salam kenal yach…
    kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    http://chaniaj.blogspot.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s