Mengelola Media Sosial

Saat ini (awal 2018) populasi pengguna media sosial paling banyak masih dipegang oleh Facebook. Entah mengapa katanya pengguna Facebook adalah orang-orang jaman old, toh nyatanya populasinya masih paling banyak. Hal ini bisa dilihat dari hasil survei Statista 2018, berikut cuplikan grafiknya.

statista012018-socialmedia

Memang Facebook sebagai raksasa sosial media terus berinovasi, kemudahan penggunaan terus ditingkatkan. Mengingat kembali pada jaman dulu, sepengetahuan saya waktu pertama kali muncul Facebook di Indonesia tidak ada pelatihan bagaimana cara menggunakan media sosial ini. Tiba-tiba dengan sendirinya bisa, konsep coba-gagal. Nah hal ini yang saya pelajari dan tiru, bagaimana membuat aplikasi yang mudah dipakai walau tanpa melihat tutorial. Artinya disisi pemubuat, dia tahu pengguna mau dan akan melakukan apa. 

Sebelumnya, kalau pernah ingat, era Friendster sangat digemari sebagai ajang mencari teman lama. Masihkah ingat pertama kali anda membuat akun Facebook? Facebook perdana dirilis tahun 2014, terbatas bagi rekan-rekan kampusnya Mark Zuckerberg. Kemudian tahun 2006 dibuka umum dengan batasan usia minimum 13 tahun yang dapat membuat akun.

Selanjutnya, berikut ini tulisan mengenai tips dalam mengelola media sosial khusus nya ke sisi teknis penempatan merek (brand) dan tataletak banner. (diambil dari beberapa sumber, untuk dokumentasi probadi atau bagi rekan pembaca yang memerlukannya).

Cover Photo Facebook

Ukuran foto dan video pada Cover Photo Facebook. Setidaknya ukuran lebar minimal harus 720 pixel. Untuk memudahkan berikut ukuran yang dapat dipakai untuk Cover Photo (sumber: disini).

facebook-cover-photo-template

Cover Event Facebook

Ukuran foto dan video pada Facebook Event. Facebook memberikan saran sebagai berikut “For best results, choose photos or videos that are 1200×628 pixels (about a 2:1 ratio). The recommended length for videos is between 30 seconds and a maximum time limit of 5 minutes.” Facebook masih bisa menerima ukuran yang lebih besar dari itu, namun akan terpotong. Lebih mudahnya lihat ilustrasi dibawah (sumber: disini)

facebook-event-header-template-2018

Channel Art Youtube

Channel Art pada Youtube biasanya agak unik jika dilihat pada ukuran layar yang berbeda, seperti pada smartphoine, tablet, desktop, dan TV. Oleh sebab itu Youtube sendiri sudah memberikan panduan ukuran yang bisa dipakai disemua ukuran layar. (sumber: disini)

Channel-Art-Template-(Photoshop)

Selanjutnya segera diupdate..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s